Merawat kulit wajah dengan buah sesuai tipe kulit

 

Wajah merupakan bagian tubuh yang sering menjadi pusat perhatian, oleh karena itu wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan anda, namun karena kulit wajah merupakan daerah yang paling sensitif membersihkannya saja tidak cukup, kita harus mengimbanginya dengan perawatan, sebelum memulai merawat wajah kita harus mengetahui tipe kulit wajah kita, berikut merupakan jenis – jenis kulit pada wajah kita.

Kulit berminyak

kulit berminyak memiliki ciri pori- pori besar dan wajah tampak mengkilap, keluarnya minyak terus-menerus pada wajah di sekitar dahi, hidung, dagu atau kita lebih mengenal dengan istilah daerah “T”, dan pipi di bagian bawah tulang pipi, jenis kulit ini biasanya sangat mudah kotor dan mudah tumbuh jerawat.

Kulit kering

Biasanya jenis kulit ini kulit terlihat kusam atau tidak mengkilap, kadang terasa menegang (seperti tertarik), bersisik, dan terasa gatal. Keadaan pori-pori kulit sering tampak layu dan kasar, serta keriput, sehingga terlihat lebih tua dari umur sebenarnya, dan wajah terlihat tampak tidak segar.

Kulit normal

Jenis kulit ini umumnya jenis kulit yang paling tidak banyak bermasalah, tidak mudah ditumbuhi jerawat , di antara dua jenis kulit tadi, yang paling ideal adalah jenis kulit normal. Kulit jenis ini tidak berminyak dan juga tidak kering. Selain itu, teksturnya halus dan jika disentuh terasa lembut.

Setelah mengenal jenis kulit pada wajah kita, kita dapat melakukan perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita, perawatan bukan berarti harus dilakukan di salon ataupun tempat – tempat perawatan kecantikan saja, kita bahkan dapat melakukannya di rumah, dengan memanfaatkan buah –buahan yang terdapat disekeliling kita.

– Buah untuk kulit berminyak :

Mentimun
Parut mentimun lalu tempelkan pada wajah, gunakan seperti masker, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat, selain dapat menghilangkan flek diwajah mentimun berfungsi juga mendinginkan wajah anda.

Tomat

Gunakan tomat sebagai masker atau iris-iris tomat dan tempelkan beberapa saat pada wajah anda, lalu bilas wajah dengan air.

Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk, hancurkan sroberi dengan garpu atau sendok, lalu campurkan dengan madu, jangan menghancurkan stroberi menggunakan blender, saring cairan dari campuran sroberi dan madu, lalu gunakan sebagai masker wajah selama 10  menit, cuci bersih wajah dengan air.

Apel

Parut apel dan campurkan dengan madu, saring campuran parutan apel dan madu, oleskan keseluruh wajah dan biarkan masker apel selama 10 menit, lalu bilas bersih wajah dengan air dingin.


– Buah untuk kulit kering  

Pisang

Pisang merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Pisang juga mengadung

Moisturizer yang dapat melembabkan wajah, lumatkan pisang menggunakan garpu, campur pisang dengan madu dan gunakan sebagai masker, atau dapat mencampurkan pisang dengan susu dan oatmeal dan gunakan sebagai masker untuk menghaluskan wajah, lalu bilas dengan air hangat.

Alpukat

Alpukat baik untuk merawat kekenyalan wajah. Lumatkan alpukat hingga halus, lalu campurkan dengan madu secara merata dengan komposisi ½ alpukat dan ½ gelas madu, oleskan ke wajah dan leher, biarkan beberapa saat hingga mengering. Kemudian bersihkan wajah dengan waslap yang sudah dinasahi dengan air hangat.

Buah Pepaya
Pepaya bisa bermanfaat untuk meremajakan kulit anda, haluskan pepaya kemudian campurkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Pepaya ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut di wajah. Jika ingin hasil yang maksimal gunakan seminggu sekali.

Kulit Jeruk
Selain buahnya yang enak di makan, ternyata kulit jeruk bisa bermanfaat untuk wajah anda. Terutama untuk wajah anda yang kusam. Caranya tusuk-tusuk kulit jeruk denga garpu, kemudian masukan kulit jeruk ke dalam air hangat dan rendam selama satu malam. Basuhkan pada wajah yang telah di bersihkan kemudian keringkan dengan handuk. Berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.

-Buah untuk kulit normal :

Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sumber vitamin C dan
potasium.buah ini juga kaya akan bekaroten Dan madu mengandung fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin dan mineral.

Gunakan 2-3 buah wortel dan 4 ½ sendol makan madu, rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut, campurkan dengan madu, oleskan pada wajah dan diamkan hingga 10 menit, bersihkan wajah dengan air.

Selain cara di atas wortel dapat digunakan dengan cara diparut lalu endapkan ampasnya disaring dan oleskan sari wortel pada wajah, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air suam- suam kuku.

Peach atau Plum

Buah peach atau plum mampu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel
yang baru. Kandungan AHA (alpha-hidroxy acid) di dalamnya dapat membantu
melenyapkan kerut-kerut halus, noda hitam akibat sinar matahari, noda akibat
proses penuaan pada wajah, noda bekas jerawat, dan memperkecil pori-pori.

Sediakan 1 buah peach atau plum berukuran sedang, 1 sendok makan madu dan sedikit oatmeal.Rebus buah peach hingga lembek, hancurkan dengan menggunakan garpu dan campurkan dengan madu dan oatmeal hingga mengental, oleskan masker keseluruh wajah dan diamkan selama 10 menit, cuci bersih wajah dengan air dingin.

Bengkuang
Ini juga baik untuk mengencangkan kulit wajah. Kupas dan parut bengkuang, kemudian endapkan beberapa saat hingga air dan ampasnya terpisah. Lulurkan ampasnya di wajah, kemudian bersihkan dengan air suam-suam kuku.

Melon
Melon dapat mendinginkan kulit anda yang terbakar matahari. Iris tipis melon lalu kompreskan selama 20 menit pada wajah anda yang telah di bersihkan, lalu bilas. Buah melon ini mengandung zat astrigent yang bermanfaat sebagi tonik dan mampu mendinginkan wajah yang terbakar karena matahari.

Tips : agar vitamin dalam buah tidak hilang pada saat merebus sebaiknya air rebusan dibubuhi garam dan gula terlebih dahulu, atau selain direbuss kita dapat mengukusnya.

Sekarang yuk kita kenali jenis kulit pada wajah kita, dan selamat memanjakan kulit wajah dengan bahan alami 🙂

2 thoughts on “Merawat kulit wajah dengan buah sesuai tipe kulit

  1. henny

    kayaknya menurut saya yang paling bagus buah tomat deh, selain diiris mungkin juga bisa diparut ya terus di tempelin di muka biar seger…ok deh salam kenal..:)

    Reply

Leave a comment